Senin, 10 April 2017

MoU Bantuan Pemerintah (BAPEM) dan Bimtek Penyusunan Soal USBN Tahun 2017



KEGIATAN PERTAMA adalah Workshop Calon Fasilitator Penyusunan Soal USBN yang dilaksanakan pada tanggal 17-21 Pebruari 2017 bertempat di Hotel Novotel Mangga Dua Square Mall Jakarta Utara dengan jumlah peserta sebanyak 507 orang. Pada kegiatan ini, MGMP PPKn SMP/MTs Kabupaten Tabalong diwakili oleh Ibu Rona Norhana Dewi, S.Pd.


Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan bergengsi sekaligus ajang reuni bagi guru-guru berprestasi karena kriteria peserta adalah berasal dari guru berprestasi/terbaik, pemenang lomba inovasi pembelajaran atau lomba-lomba lain, dan/atau guru yang memiliki nilai hasil UKG terbaik di wilayah kabupaten/kota. Oleh karena itu, tidak salah MGMP PPKn SMP/MTs Kabupaten Tabalong mengirimkan Ibu Rona Norhana Dewi, S.Pd. sebagai wakil untuk mengikuti Workshop Calon Fasilitator Penyusunan Soal USBN dikarenakan beliau pernah menjuarai beberapa lomba tingkat Kabupaten, Provinsi, dan even nasional seperti lomba guru berprestasi dan lomba anugerah konstitusi.

Pada kesempatan tersebut disampaikan berbagai macam materi sekaligus praktek bagaimana perumusan kisi-kisi soal, karto soal, dan butir soal, baik soal dengan level kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS = Higher Order of Thinking Skill) maupun soal dengan kemampuan berfikir yang rendah/mudah (LOTS = Lower Order Thingking Skills).


KEGIATAN KEDUA adalah Bimbingan Teknis dalam Penyusunan Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) serta Penguatan Pendidikan Karakter, sekaligus penandatanganan perjanjian kesepahaman (MoU) dana Bantuan Pemerintah (BAPEM) untuk kegiatan penyusunan soal USBN SMP dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tahun 2017. Dilaksanakan pada 26 Pebruari - 1 Maret 2017 di Hotel Best Western Plus Kemayoran, Jl. Benyamin Suaeb Blok A5, Kemayoran, Kebon Kosong, Jakarta Pusat. Pada kegiatan ini diikuti oleh ketua MGMP PPKn SMP/MTs Kabupaten Tabalong, Bapak Imam Nashokha, S.Pd.


Pada kegiatan ini, materi yang tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan pada kegiatan Workshop Calon Fasilitator Penyusunan Soal USBN. Hanya saja, tingkat kedalaman materi lebih terperinci dan komplek pada kegiatan Workshop Calon Fasilitator Penyusunan Soal USBN. Namun, yang menjadi pembeda pada kegiatan kedua ini adalah adanya penandatangan Bantuan Pemerintah (BAPEM) diakhir kegiatan oleh 280 orang peserta yang terdiri dari ketua MGMP PPKn dan ketua MGMP IPS SMP seIndonesia dengan nilai bantuan sebesar Rp. 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah) untuk kegiatan penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan pengembangan profesi bagi guru PPKn dan IPS tingkat SMP seIndonesia.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar